Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali

October 11, 2013

Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di BaliHasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) telah berakhir pada hari Selasa 8 Oktober 2013. Kesepakatan-kesepakatan yang dihasilkan dari KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali diharapkan bisa menunjang Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali program-program nasional walau masih banyak pekerjaan rumah domestik menunggu. Ada tujuh hal yang menjadi sorotan dalam pertemuan tingkat tinggi 21 pimpinan negara anggota APEC. Pertama, para pimpinan (leaders) negara anggota sepakat untuk melipatgandakan upaya untuk Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali mencapai Bogor Goals pada 2020.

Kedua, APEC sepakat untuk meningkatkan perdagangan intra APEC atau perdagangan intra daerah, melalui fasilitasi perdagangan, pembangunan kapasitas, dan fungsi sistem perdagangan multilateral. Ketiga, anggota APEC sepakat untuk mempercepat pembangunan fisik, institusional, dan konektivitas people to people. Keempat, anggota APEC menegaskan kembali komitmennya Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali untuk mencapai kekuatan yang seimbang, dalam hal pertumbuhan global, berkelanjutan dan inklusif. Kelima, mengingat keterbatasan sumber daya. Anggota APEC bersepakat untuk bekerja sama meningkatkan pangan regional, energi, dan sumber daya air.

Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali

Upaya ini ditujukan untuk menanggapi tantangan pertumbuhan penduduk dan dampak negatif perubahan iklim. Keenam, anggota APEC sepakat untuk Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali memastikan sinergi APEC dan saling melengkapi dalam hal kerja sama multilateral dan regional lainnya, misalnya KTT Asia Timur dan G20.

Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali

Ketujuh, anggota APEC sepakat untuk bekerja sama erat dengan sektor bisnis melalui APEC Business Advisory Council (ABAC) untuk mencapai tujuan Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali perdagangan bebas dan terbuka, serta investasi.

Berita Terkait:

Hasil Kesepakatan KTT APEC 2013 di Bali
2 votes, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: