Info BMKG Status Gunung Merapi Terbaru

March 13, 2014

Info BMKG Status Gunung Merapi TerbaruInfo BMKG Status Gunung Merapi Terbaru. Gunung Merapi kembali menyemburkan abu vulkanis pada hari Senin 10 Maret 2014 pagi. Semburan awan pekat setinggi 1.500 meter dikhawatirkan warga merupakan tanda bahwa Gunung Merapi akan meletus. Semburan abu vulkanis yang membumbung tinggi tersebut terjadi sekitar pukul 07.09 WIB. Namun, selang beberapa jam kemudian warga dan penambang mulai kembali melakukan aktivitas setelah mendapatkan informasi Merapi masih aman. Pasca mengeluarkan hembusan asap pekat, aktifitas kegempaan Gunung Merapi mengalami sedikit peningkatan.

Peningkatan ini meliputi gempa vulkanik dalam, vulkanik dangkal, gempa multifase dan gempa guguran. Pakar Vulkanologi, Surono mengatakan bahwa aktivitas yang ditunjukkan Gunung Merapi masih tergolong biasa sebagai gunung api. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu panik. Publik dan media massa tidak perlu mengaitkan aktivitas gunung api satu dengan yang lain yang bisa menimbulkan kecemasan di masyarakat. Saat Gunung Merapi menunjukkan aktivitasnya, beberapa desa di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah diguyur hujan abu.

Info BMKG Status Gunung Merapi Terbaru

Wilayah tersebut hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak gunung Merapi. Info dari BPPTK (Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian) Yogyakarta, terjadi letupan kecil Gunung Merapi pada jam 07.08 WIB.

Terdapat awan hitam dengan ketinggian sekitar 1.5 km. Arah angin barat daya, kemungkinan hujan abu ringan ke arah barat daya. Akibat kejadian tersebut BPBD Klaten mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker apabila akan bepergian ke luar rumah.

Berita Terkait:

Info BMKG Status Gunung Merapi Terbaru
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: