Kronologi Malpraktek Dokter Ayu Vonis Penjara

November 28, 2013

Kronologi Malpraktek Dokter Ayu Vonis PenjaraKronologi Malpraktek Dokter Ayu Vonis Penjara. Terulang kembali kasus dugaan malpraktek yang dilakukan oleh profesi dokter. Kali ini kasus tersebut menimpa dr Dewa Ayu Sasiary Prawan, SpOG. Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawan, SpOG. ditahan pada hari Jumat 08 November 2013 karena dugaan malpraktek yang ia lakukan bersama dua rekannya saat membantu persalinan pasien pada 2010. Kasus dokter Ayu dan kawan-kawan berawal dari meninggalnya pasien yang mereka tangani, Julia Fransiska Maketey, di Rumah Sakit R.D. Kandou Malalayang, Manado, Sulawesi Utara pada 10 April 2010. Keluarga Julia menggugat ke pengadilan negeri. Hasilnya, Ayu dan kedua rekannya dinyatakan tidak bersalah. Namun, di tingkat kasasi, ketiga dokter itu divonis 10 bulan penjara.

Majelis hakim kasasi memvonis Dewa Ayu Sasiary serta dua rekannya, Hendy Siagian dan Hendry Simanjuntak, bersalah saat menangani Julia Fransiska Maketey. Julia akhirnya meninggal saat melahirkan. Ada beberapa poin penting yang menjadi perdebatan soal ada atau tidak malpraktek dalam kasus dokter Dewa Ayu Sasiary Prawan, SpOG. Pemeriksaan jantung baru dilakukan setelah operasi. Penyebab kematian masuknya udara ke bilik kanan jantung.

Kronologi Malpraktek Dokter Ayu Vonis Penjara

Ini karena saat pemberian obat atau infus karena komplikasi persalinan. Dokter Dewa Ayu Sasiary Prawan, SpOG. tidak punya kompetensi operasi karena hanya residence atau mahasiswa dokter spesialis dan tidak punya surat izin praktek (SIP). Terjadi pembiaran pasien selama delapan jam.

Sesuai prosedur kedokteran saat air ketuban pecah, biasanya dokter akan menunggu pembukaan leher rahim lengkap sebelum bayi dilahirkan secara normal. Perlu  waktu yang berbeda-beda untuk tiap pasien. Menunggu pembukaan lengkap itulah yang dilakukan dokter Ayu.

Berita Terkait:

Kronologi Malpraktek Dokter Ayu Vonis Penjara
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: