Perhitungan Tarif Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan

January 7, 2014

Perhitungan Tarif Pembayaran Klaim BPJS KesehatanPerhitungan Tarif Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang mulai beroperasi 1 Januari 2014 membidik dana kelolaan investasi Rp. 9 triliun. Banyaknya anggapan miring mengenai rendahnya tarif kapitasi besaran pembayaran per-bulan yang dibayar dimuka oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar tanpa memperhitungkan jenis dan jumlah pelayanan kesehatan yang diberikan. Besaran pembayaran klaim oleh BPJS Kesehatan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan atas paket layanan yang didasarkan kepada pengelompokan diagnosis penyakit masih menuai kontroversi. Ada yang menilai bahwa sistem tarif ini akan mengurangi penghasilan dokter sebelumnya. Ada pula yang menganggap tarif ini tidak sesuai dengan jenis pengobatan yang diterima pasien. Semua orang harus mengetahui kalau sistem tarif yang ditetapkan pemerintah berdasarkan hasil rembugan para ahli di bidangnya. Ada tim kendali mutu yang menghitung besaran tarif yang sesuai.

Pertama, ada tim kelompok pekerja pembiayaan kesehatan yang didalamnya ada orang askes, organisasi profesi (IDI), konsultan, Kementerian Kesehatan dan tim yang memiliki hasil data di daerah. Sistem tarif ini tidak sembarangan karena hasil ramuan seluruh pihak. Sehingga sudah dihitung betul berapa biaya yang dikeluarkan saat berobat hingga sembuh.

Perhitungan Tarif Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan

Hal ini dilakukan agar BPJS Kesehatan juga bisa melakukan evaluasi kendali mutu layanan, medik dan mencari cost efective sesuai regulasi. Skema jaminan ini diatur dengan payung UU Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS) yang disahkan dua tahun lalu.

UU tersebut mewajibkan pemerintah memberikan jaminan layanan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa kecuali, dimana jaminan untuk warga miskin didanai dengan bea premi yang dibayar pemerintah.

Berita Terkait:

Perhitungan Tarif Pembayaran Klaim BPJS Kesehatan
1 vote, 5.00 avg. rating (99% score)

Leave a Comment

Previous post:

Next post: