Menurut BNP2TKI : Kronologi Kematian Damini TKI di Damaskus Suriah

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mencatat pengiriman tenaga kerja Indonesia ke luar negeri selama ini lebih banyak di sektor formal daripada informal. Beberapa penyebab penurunan jumlah penempatan TKI tersebut adalah keputusan pemerintah menghentikan penempatan penata laksana rumah tangga (PLRT) ke seluruh negara Timur Tengah.

Pertumbuhan ekonomi global yang cenderung menurun serta konflik atau perang yang melanda beberapa negara tujuan. BNP2TKI mengatakan, pemakaman jenazah TKI Damini binti Saman Yasin di pinggiran kota Damaskus, Suriah sudah dengan persetujuan pihak keluarganya. Seluruh hak almarhumah Damini binti Saman dan uang santunan dari majikan berhasil diperjuangkan, dan pemakaman Damini dilaksanakan sesuai dengan syariat Islam.

Damini binti Saman meninggal dunia setelah mengalami pendarahan otak akibat benturan saat jatuh dari ketinggian ketika membersihkan kaca jendela dapur majikan pada 28 Desember 2016. Damini dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Nazhah, di pinggiran provinsi Damaskus pada Sabtu 14 Januari 2017. Prosesi pemakaman turut dihadiri Duta Besar RI untuk Suriah. Pemandian jenazah almarhumah dilaksanakan di Rumah Sakit Mujtahid Damaskus.

Baca Juga: Alasan Johnny Depp dan Amber Heard Resmi Bercerai

Kemudian dishalatkan di Masjid Bilal bin Rabbah usai shalat Dzuhur. BNP2TKI sudah menerima kabar wafatnya Damini satu hari setelah kecelakaan. Namun, setelah berkoordinasi dengan staf konsuler KBRI Damaskus diketahui bahwa perusahaan kargo enggan membawa muatan keluar Suriah, baik melalui udara, laut, maupun darat. Karena negara ini masih menjadi ajang konflik. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply