Daftar Jumlah Kios yang Terbakar di Pasar Senen 1.691

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Dugaan sementara penyebab kebakaran di Pasar Senen adalah korsleting listrik, meski untuk kepastiannya harus menunggu penyelidikan dari pihak pemadam kebakaran dan kepolisian. Kebakaran Pasar Senen masih terus berusaha dipadamkan oleh petugas pemadam. Jumlah kios yang terbakar di pasar kawasan Jakarta Pusat itu bertambah.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI yang telah diperbaharui ada pertambahan jumlah kios yang terbakar bila dibandingkan data BPBD DKI. Data ini diunggah di akun Twitter resmi, @BPBDJakarta pada hari Kamis 19 Januari 2017. Semula, pukul 11.00 WIB, jumlah kios yang terbakar terhitung 1.012 kios. Namun kini jumlah kios yang terbakar menjadi 1.691 kios dan ada pertambahan 679 kios. Kios itu berada di Blok 1 dan Blok 2 di lantai 1 sampai dengan lantai 4 Pasar Senen, Jalan Gunung Sahari Raya.

Pasar Snees atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Pasar Senen merupakan pasar tertua yang ada di Jakarta. Dinamai Pasar Snees karena pedagangan di pasar ini yang awalnya berlangsung setiap hari Senin dan didominasi oleh masyarakat etnis Tionghoa. Dalam perjalannya nama pasar ini berubah menjadi Vinck passer.

Baca Juga: Foto Tiara Dewi Dan Lucky Hakim Gelar Akad Nikah Hari Ini

Dalam perkembangannya wajah pasar Senen serta kawasan disekelilingnya senantiasa berubah. Selama lebih dari 274 tahun kawasan pasar ini menyimpan banyak cerita dan sejarah terjadi didalamnya. Di zaman penjajahan Jepang (1942) hingga tahun 1950an, kawasan sekitar Pasar Senen menjadi tempat favorit berkumpulnya para seniman dari era pujangga baru. Mereka dijuluki Seniman Senen. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply