Foto Profil Patrialis Akbar Sang Hakim Konstitusi Yang Ditangkap KPK

0
F CumaBerita.com, Jakarta. KPK kembali menangkap hakim Mahkamah Konstitusi, Patrialis Akbar. Mantan anggota DPR itu menjadi hakim konstitusi sejak 2013. Niatnya untuk masuk ke Universitas Indonesia kandas setelah modal yang dibawanya, yakni surat keterangan dia adalah anak veteran, dibuang ke tempat sampah oleh seorang pegawai TU UI. Akhirnya Patrialis masuk dan diterima di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta pada 1983.

Ia mendapat banyak kesempatan dan cukup dianggap di kampus tersebut. Aktif di berbagai organisasi, seperti Pemuda Muhammadiyah dan Lembaga Keadilan Hukum Universitas Muhammadiyah, membuat kemampuan Patrialis sebagai pengacara mulai terasah. Lulusan S2 program Magister Hukum Universitas Gadjah Mada (2010) itu ditawarkan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) pada 1998 setelah berkenalan dengan Amien Rais. Jejak Patrialis sebagai pejabat publik sempat terhenti.

Hingga akhirnya pada 2013, ia terpilih sebagai hakim konstitusi. Untuk menjadi hakim konstitusi yang melengkapi jejak kariernya di eksekutif, legislatif, dan yudikatif itu, Patrialis sempat kalah bersaing dengan rekannya sesama pelaku perubahan UUD 1945 saat MK terbentuk pada 2003, yaitu Harjono. Perjuangan Patrialis menjadi hakim konstitusi pada 2013 tidaklah mudah.

Baca Juga: Video Liverpool Vs Southampton Highlights Tiket Final yang Tak Mudah

Banyak tudingan yang terlontar dari berbagai pihak terhadap dirinya berkaitan dengan independensi, mengingat riwayat Patrialis yang berlatar belakang dunia politik dan dekat dengan pemerintah saat itu. Ketua KPK Agus Rahardjo mengonfirmasi operasi tangkap tangan (OTT) terhadap hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Patrialis Akbar. Penangkapan itu dilakukan di Jakarta. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply