Kontroversi dan Rapor Merah Patrialis Akbar Sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Pengangkatan Patrialis Akbar sebagai hakim konstitusi dari unsur pemerintah oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Agustus 2013 sempat memantik kontroversi. Waktu itu, Koalisi Masyarakat Sipil Selamatkan Mahkamah Konstitusi meminta Presiden SBY membatalkan pencalonan Patrialis Akbar sebagai hakim konstitusi. Pencalonan Patrialis juga dinilai melanggar Pasal 19 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi.

Latar belakang Patrialias yang bekas politikus Partai Amanat Nasional juga dipersoalkan. Dengan masuknya Patrialis, komposisi hakim MK berubah menjadi tidak seimbang, yakni: 4 orang berlatar partai politik, 3 orang berlatar hakim pengadilan, dan 2 orang berlatar akademisi/birokrasi. Komposisi yang tidak ideal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu independensi MK karena dominasi kepentingan politik. Salah satu rapor merah itu adalah terungkapnya skandal sel mewah milik Artalyta Suryani di Rumah Tahanan Pondok Bambu di Jakarta Timur.

Hal itu menjadi pertanyaan ketika pejabat yang mendapat rapor merah kemudian diusulkan sebagai hakim konstitusi. Kala itu, Koalisi Masyarakat Sipil, yang merupakan gabungan sejumlah organisasi kemasyarakatan, memberikan dua rekomendasi. Pertama, pembatalan penunjukan Patrialis Akbar sebagai calon hakim konstitusi dari unsur pemerintah.

Baca Juga: Foto Antasari Azhar Bebas Murni Setelah Grasi Dikabulkan Presiden Joko Widodo

Dan kedua, koalisi meminta pembentukan Panitia Seleksi Calon Hakim Konstitusi dan menjalankan proses seleksi secara transparan, partisipatif, dan akuntabel. Patrialis terakhir kali melaporkan harta kekayaannya sebesar Rp 14.932.622.023. Harta senilai Rp 14,9 miliar itu terdiri dari harta bergerak untuk alat transportasi dan mesin lainnya Rp 1.167.000.000. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply