Kutipan Pramoedya Ananta Toer Paling Melegenda Hingga Saat Ini

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Pramoedya Ananta Toer merupakan seorang sastrawan yang berpengaruh pada perkembangan sastra di Indonesia. Pramoedya Ananta Toer kerap melakukan kritik kepada penguasa melalui tulisan, yang mengantarkannya keluar masuk tahanan. Pramoedya Ananta Toer telah melahirkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam 41 bahasa asing.

Pramoedya Ananta Toer kerap menyebut karyanya sebagai anak. Pada 31 April 2006 Pramoedya Ananta Toer berpulang akibat komplikasi diabetes serta penyakit jantung. Namun hingga kini karyanya masih terus berdentum dalam ingatan pembaca. Pramoedya Ananta Toer secara luas dianggap sebagai salah satu pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Seperti halnya Tan Malaka dan Soekarno yang berkarya di dalam penjara, Pramoedya Ananta Toer melakukan hal yang sama.

Dari penjara di Pulau Buru Pramoedya Ananta Toer melahirkan karangan tetralogi Bumi Manusia dan kemudian dikenal sebagai Buru Quartet di dunia. Empat buku dengan judul Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca meluncur setahun sejak masa pembuangannya berakhir di Pulau Buru.

Baca Juga: Jawaban Ira Koesno Meski Cantik dan Cerdas Namun Belum Menikah

Pramoedya Ananta Toer yang sempat diusulkan jadi nomine Nobel Sastra ini memilih Minke dan Nyai Ontosoroh sebagai tokoh utama dalam buku-buku tersebut. Melalui kisah kedua tokoh tersebut, pembaca diajak merasakan zaman kolonialisme di saat pribumi ditindas di negeri sendiri oleh keturunan Eropa. Selain itu juga nilai-nilai kemanusiaan dari perlawanan Nyai Ontosoroh terhadap kemiskinan dan kebodohan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply