Hasil Live Streaming Hitung Cepat Pilkada DKI 2017

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Hari ini ada 101 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota yang mengikuti Pilkada serentak, salah satunya tentu saja DKI Jakarta. Untuk di DKI Jakarta sendiri ada tiga paslon yang sudah memaparkan visi dan misinya dalam debat cagub dan cawagub yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Tiga paslon cagub-cawagub DKI Jakarta tersebut yakni, pasangan nomor urut 1 adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Nomor 2 Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat, dan nomor urut 3 Anies Baswedan-Sandiaaga Uno. Hitung cepat dilakukan dengan menghitung persentase hasil pemilu di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang dipilih secara acak dengan metode statistik. Data hasil penghitungan suara ini lalu dikirim ke pusat sistem pengolahan data melalui pesan pendek (SMS) disertai komunikasi langsung dengan telepon. Setelah dihimpun dan diolah, informasi hasil pemilu secara keseluruhan dapat dilihat pada hari itu juga.

Untuk negara-negara transisi seperti Indonesia, hitung cepat menjadi berguna karena proses penghitungan manual yang dilakukan KPU membutuhkan waktu lama, lebih kurang dua minggu. Litbang Kompas menggelar hitung cepat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Rabu 15 Februari 2017.

Baca Juga: Real Quick Count Hasil Pilkada DKI Jakarta 2017

Publikasi hitung cepat ini dimulai pada pukul 13.00, sesaat setelah TPS ditutup dan berakhir pada pukul 15.00. Menurut siaran pers Litbang Kompas, hitung cepat Litbang Kompas merupakan yang kesekian kali diselenggarakan setelah yang termutakhir adalah Quick Count Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply