Kemenristek Dikti Gerebek Wisuda Palsu Ilegal Yayasan Aldiana Nusantara di Universitas Terbuka Tangerang Selatan

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Kabar mengejutkan datang dari sejumlah perguruan tinggi dengan status tidak jelas alias abal-abal yang belum lama ini menyelenggarakan upacara wisuda di Kampus Universitas Terbuka, Pondok Cabe, Banten. Sebenarnya perguruan tinggi yang melakukan wisuda bodong tersebut memiliki izin. Namun, mereka telah melakukan pelanggaran berat dengan menerbitkan lulusan dan ijazah tanpa melalui proses perkuliahan sebagaimana mestinya.

Kemenristek Dikti pada hari Sabtu, 19 September 2015 menggerebek acara wisuda yang diselenggarakan Yayasan Aldiana Nusantara. Mereka menggelar acara wisuda tanpa seizin Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) dan tidak melapor ke pangkalan data pendidikan tinggi. Wisuda bodong tersebut diikuti beberapa perguruan tinggi. Antara lain Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telematika.

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha, serta Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Suluh Bangsa. Berdasarkan data hadir, dalam ruangan ada 1.200 orang yang diwisuda. Namun berdasarkan data yayasan hanya 738 orang. Sisanya, sebanyak 462 wisudawan yang tidak pernah mengikuti kelas kuliah, tapi diwisuda.

Baca Juga: Video Fenomena Awan Aneh di Langit Kosta Rika 2015

Untuk menelusuri pihak-pihak yang mendapat ijazah palsu tersebut bukan merupakan hal yang mudah, sehingga tidak bisa diungkap dalam waktu yang singkat. Kemenristekdikti diminta untuk menutup perguruan tinggi penyelenggara wisuda bodong tersebut. Kemenristek Dikti secara tegas menganggap kalau ijazah yang dikeluarkan ilegal. Tidak berlaku untuk tanda kelulusan sarjana apa pun yang diambil. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply