Gempa Bumi Dahsyat 16 Februari 2017 Kembali Melanda Aceh Pidie Jaya

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyampaikan gempa bumi berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Garut pada hari Kamis 16 Februari 2017. Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR terjadi sekitar pukul 01.53 WIB dengan titik gempa 66 kilometer barat daya Garut dengan kedalaman 19 kilometer.

Jajaran sukarelawan BPBD maupun para camat di wilayah Garut, terutama pesisir pantai, diinstruksikan untuk memantau dampak gempa tersebut. Gempa bumi tersebut terjadi ketika sebagian besar warga sedang tertidur. Sebagian warga merasakan guncangan gempa tersebut yang berlangsung beberapa detik. Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada hari Kamis 16 Februari 2017 dengan rentang waktu terjadinya gempa itu berdekatan.

Gempa berkekuatan 5.5 SR kembali mengguncang Aceh. Gempa ini terjadi sekitar pukul 02.47 Wib. Pusat gempa terjadi di lokasi 5.18 LU,96.19 BT, 2 km barat laut, Kabupaten Pidie Jaya dengan 14 Km. Gempa pertama terjadi pada pukul 02.47 WIB, lalu gempa kedua pada pukul 02.53 WIB.

Baca Juga: Video Skor Manchester United vs Saint-Etienne 3-0 Zlatan Ibrahimovic Mencetak Hat-trik

Gempa pertama berada di titik koordinat 5,18 LU-96,19 BT dengan kedalaman 14 km. Titik pusat gempa berada di 2 km sebelah barat laut Pidie Jaya. Sedangkan gempa kedua berlokasi di koordinat 5,21 LU-96,13 BT dengan kedalaman 12 km. BMKG menyebut kedua gempa itu tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply