Cara Perpanjangan SIM Secara Online Mulai 27 September 2015 di Seluruh Indonesia

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, serta memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 Tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika masa berlaku SIM sudah habis.

Sesuai dengan peraturan terbaru maka pembuatan SIM akan mengikuti prosedur yang sama seperti membuat SIM Baru. Kebijakan ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) No. 9 Tahun 2012, tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM dikatakan habis (mati) apabila lewat dari ketentuan tanggal yang tertera dalam masa berlaku SIM.

Perpanjangan SIM yang habis masa berlakunya dikenai beban biaya yang setara dengan pembuatan SIM Baru, untuk SIM A senilai Rp 120.000, dan SIM C Rp 100.000. Sedangkan untuk perpanjangan SIM sebelum masa berlakunya berakhir dikenai biaya Rp 80.000 untuk SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C. Kini mulai 27 September 2015 perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) bisa dilakukan secara online.

Baca Juga: Kemenristek Dikti Gerebek Wisuda Palsu Ilegal Yayasan Aldiana Nusantara di Universitas Terbuka Tangerang Selatan

Seseorang bisa memperpanjang SIM di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM seluruh Indonesia, atau tak perlu kembali ke lokasi tempat membuat SIM. Untuk perpanjangan SIM bisa dilakukan dari mana pun. Nantinya seluruh Indonesia yang membuat SIM di wilayah Polda Metro Jaya bisa melakukan perpanjangan SIM dari mana pun. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply