Cara Pendaftaran Online Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2017

0
C CumaBerita.com, Jakarta. SNMPTN memiliki dua keterlibatan pertama sekolah dan yang kedua adalah siswa. Sebab mereka yang bisa mengikuti seleksi SNMPTN adalah mereka yang berprestasi selama sekolah. Jika tidak maka dipastikan tidak akan bisa mengikuti seleksi untuk SNMPTN. SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan prestasi akademik menggunakan nilai rapor dan prestasi lainnya.

Setiap sekolah tingkat menengah (SMA/MA/SMK/MAK) negeri maupun swasta berhak mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN. Asalkan memiliki identitas Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Seluruh biaya seleksi SNMPTN ditanggung pemerintah, peserta tidak dikenai biaya apapun. Informasi lengkap mengenai ketentuan pengisian dan verifikasi PDSS, pendaftaran serta nama program studi dan daya tampung PTN dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id.

Siswa Pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan, menggunakan NISN dan password login ke laman SNMPTN 2017 http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran. Siswa Pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Pendaftar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

Baca Juga: Kronologi Penusukan di Mall Tunjungan Plaza 3 Surabaya Motifnya Asmara

Siswa Pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman http://www.snmptn.ac.id. Siswa Pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply