Kronologi NASA Temukan Exoplanet Seukuran Bumi Layak Huni

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Ilmuwan NASA menggunakan Trappist robotic telescope dari Gurun Atacama, Chile untuk menemukan tata surya baru. Telah melacak setidaknya 34 transit menggunakan teleskop Spitzer, mereka akhirnya berani mengonfirmasi keberadaan tujuh planet di tata surya baru. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan penemuan tujuh planet seukuran Bumi yang tersusun di sekitar bintang tunggal.

Tiga dari planet tersebut berada di zona yang layak huni. Penemuan ini merupakan pencapaian baru. Ini merupakan penemuan terbesar susunan planet di luar tata surya atau yang secara ilmiah disebut dengan exoplanet. Dilansir dari situs resmi NASA, tiga dari tujuh planet tersebut berada di zona yang layak huni. Planet tersebut berada di atmosfer Kemungkinan di sana memiliki air yang merupakan sumber kehidupan.

Sebab planet tersebut berada di kondisi atmosfer yang tepat. Tiga planet tersebut mempunyai peluang layak huni paling tinggi. Exoplanet ini dinamai TRAPPIST-1, nama ini berasal dari The Transiting Planets and Plantesimals Small Telescope (TRAPPIST) yang berada di Cili. Pada Mei 2016, dengan menggunakan TRAPPIST itu, peneliti mengumumkan telah menemukan tiga planet.

Baca Juga: Foto Bukti Dewi Sanca Cari Sensasi Rebutan Lucky Hakim Dari Tiara Dewi

Hasil terbarunya dipublikasikan Rabu, 22 Februari 2017, di jurnal Nature dan diumumkan di sebuah konferensi pers di kantor NASA di Washington. Menggunakan data Spitzer, tim bisa mengukur ukuran ketujuh planet itu dan memperkirakan massa enam planet. Sehingga kerapatannya pun bisa diperkirakan. Exoplanet adalah planet yang ditemukan di luar Tata Surya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply