Arti Exoplanet 7 Planet Seukuran Bumi Layak Huni

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Meski penemuan Exoplanet ini dikatakan hanya permulaan, karena masih terdapat 40 miliar bayangan yang belum diidentifikasi di luar Bimasakti. Exoplanet pertama ditemukan pada 1992. Setelah itu terdapat 3.500 dunia baru yang berlokasi di 2.675 sistem bintang. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah secara resmi mengumumkan penemuan exoplanet.

Yakni tata surya baru yang di dalamnya terdapat tujuh planet menyerupai Bumi. Sempat ditayangkan secara live streaming. Tiga dari tujuh planet yang ditemukan dalam orbit teratur memunculkan batuan sebagai alam dan memiliki temperatur yang memungkinkan adanya air, termasuk samudra. Secara jangka panjang, planet-planet mungkin menompang kehidupan, termasuk soal ketersediaan oksigen. Meski bukti kehidupan tak bisa ditemukan secara instan, namun tetap bisa berkembang selama berabad kemudian.

Punya ukuran lebih besar dari Jupiter dan berjarak 39 tahun cahaya. Planet temuan NASA ini dikatakan masih muda dan bisa terus mengalami perkembangan. Dikatakan, tata surya ini punya kemungkinan umur 700 kali lebih panjang dari Bimasakti. Kondisi di exoplanet mungkin akan lebih gelap dan hangat daripada Bumi. Situasinya dikatakan 200 kali lebih gelap dari Bumi dan akan terdapat perbedaan lama waktu siang dan malam.

Baca Juga: Kronologi NASA Temukan Exoplanet Seukuran Bumi Layak Huni

Namun selebihnya kemungkinan pola kehidupan dikatakan sama dengan Bumi. Berjarak 40 tahun cahaya (235 triliun mil) dari Bumi, susunan planet ini relatif dekat dengan bumi, berada di konstelasi Aquarius. Karena mereka berada di luar sisitem tata surya, planet-planet ini secara ilmiah dikenal sebagai exoplanet. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply