Niat Puasa Arafah 3 Hari Sebelum Idul Adha Tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah Sunnah

0
N CumaBerita.com, Jakarta. Puasa sebelum Idul Adha biasa disebut dengan Puasa Arafah. Hukum melaksanakan ibadah puasa Arafah adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Puasa Arafah ini dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah, tepat pada waktu jamaah haji sedang melaksanakan ibadah wukuf di Arafah.

Tepatnya sehari sebelum hari raya Idul Adha, yaitu pada hari Kamis 24 September 2015 dan puasa ini dikerjakan ketika jamaah haji sedang melakukan wukuf di Arafah pada hari Rabu 23 September 2015. Prosesi wukuf sendiri adalah hal yang penting dalam sah atau tidaknya pelaksanaan ibadah haji di tanah suci.

Itu juga menandakan bahwa sehari lagi akan diadakan perayaan hari Raya Idul Qurban atau Hari Raya Kurban pada 10 Dzulhijah. Berikut bacaan niat dari puasa arafah. Nawaitu shauma arafah sunnatan lillahi ta’ala. Artinya adalah, saya niat puasa arafah, sunnah karena Allah ta’ala. Dalam beberapa hadist yang shahih disebutkan bahwa keutamaan dari puasa tersebut.

Baca Juga: Foto Misteri Emoticon Smile di Kancing Baju Pattimura Uang Rp 1.000

Antara lain adalah dapat menghapus dosa yang dilakukan satu tahun lalu dan satu tahun berikutnya (HR Muslim). Juga dapat membebaskan dari siksa api neraka. Disunnahkan banyak berdoa di saat hari arafah, karena itu adalah sebaik-baik doa. Salah satunya adalah Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadiir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply