Kronologi Tragedi Mina 2015 dengan 717 Meninggal dan 863 Terluka

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Ratusan jemaah haji dari berbagai negara meninggal dunia setelah berdesakan di jalan raya satu arah menuju lokasi pelemparan jumrah. Di sepanjang jalan Arab 204 itu terdapat sejumlah jemaah yang beristirahat di tengah jalan atau sambil mengantre ke toilet. Jalan Arab 204 ialah jalan satu arah menuju pelemparan jumrah.

Namun di saat yang bersamaan jemaah yang sudah selesai melakukan pelemparan jumrah pulang melawan arus jemaah yang sedang berangkat. Penyebab berdesakan itu adalah karena sejumlah jemaah yang tidak sabar ingin cepat sampai ke tempat tujuan. Jalan Arab 204 juga merupakan jalur yang dilewati jemaah dari sejumlah negara di Timur Tengah.

Sementara jemaah haji asal Indonesia tidak melalui jalur tersebut. Jalan yang biasa di gunakan adalah jalan King Fahd. Jalan Arab 204 terletak di sebelah kiri jalan King Fahd. Jadi lokasi kejadian bukan berada pada jalur yang biasa ditempuh jemaah haji Indonesia. Hingga saat ini korban meninggal mencapai 717 jiwa dan terluka mencapai 863 orang.

Baca Juga: Tips Membuat Daging Kambing Sapi Empuk dan Lembut

Otoritas keamanan Arab Saudi langsung melakukan tindakan pengamanan dan membantu proses evakuasi dan penyelamatan. Peristiwa jatuhnya korban jamaah haji terjadi di jalan no. 204 akibat terhalangnya gerak jalan jamaah yang menuju jalan 204 di persimpangan dengan jalan 223. Membludaknya jumlah jamaah juga menyebabkan saling dorong dan mengakibatkan jatuhnya para jamaah haji. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply