Video Korban Aksi Skip Challenge Permainan Mematikan

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Saat ini Skip Challenge tengah menjadi tren remaja di dunia maya. Mereka menyebut permainan ini sebagai space monkey, the pass out challenge, atau choking game. Permainan viral ini dilakukan dengan mencekik sampai tak sadarkan diri. Ironisnya, dalam banyak kasus akan berakhir dengan kematian. Pada intinya, tantangan ini dilakukan dengan menekan dada dan menghambat pernapasan.

Terhambatnya pernapasan ini membuat si pelaku kehabisan napas dan akhirnya kejang serta pingsan seketika. Terhambatnya oksigen ke otak ini disebut sebagai hypoxic-anoxic brain injury (HAI). Selain menyebabkan masalah seketika (sesak napas dan lainnya), aksi ini juga menyebabkan efek jangka panjang untuk tubuh. Aksi ini akan menyebabkan kematian sel tubuh, masalah penglihatan, kerusakan fungsi motorik tubuh.

Di Indonesia, permainan ini baru populer beberapa waktu belakangan dan dilakukan oleh siswa sekolah. Permainan berbahaya ini bisa menyebabkan sesak napas, patah tulang rusuk, kejang, pingsan, bahkan sampai meninggal dunia. Pertama kali permainan ini beredar gencar di Youtube dan facebook. Seorang pelaku yang pernah mencoba permainan ini menyebutkan, ada sensasi menjemput kematian.

Baca Juga: Co-Founder Twitter Resmi Bergabung Ke Pinterest

Tanpa mereka sadari, sebetulnya mereka pingsan karena asupan oksigen ke otak terhenti beberapa saat. Dan hal itu menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Bisa berakibat fatal, kerusakan otak atau kelumpuhan. Efek lain adalah keinginan untuk mengulangi dengan intensitas yang lebih besar. Hal ini dikarenakan anak merasakan sensasi tertentu dan merasa tertantang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply