Bahaya Skip Challenge Dan Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Skip Challenge atau #PassoutChallenge adalah tantangan yang dilakukan dengan menekan bagian dada sekeras-kerasnya selama beberapa waktu untuk membuat seseorang kekurangan oksigen sehingga kehilangan kesadaran alias pingsan. Tren ini, mirisnya diikuti banyak remaja karena dianggap memberi pengalaman menyenangkan sekaligus menegangkan. Namun demikian, skip challenge ternyata sangat berbahaya karena berpotensi menyebabkan hipoksia, kejang, pingsan, kerusakan otak, bahkan kematian.

Yang terjadi pada otak saat skip challenge sebenarnya mirip dengan waktu seseorang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung. Meski kesadaran bisa kembali, namun ada risiko lain dari skip challenge, yakni terjatuh atau cedera setelah siuman dari pingsan. Di samping itu, jika otak kekurangan oksigen lebih dari tiga menit maka bisa mengakibatkan kerusakan, bila lebih dari 5 menit akibatnya jauh lebih fatal. Tren melakukan tantangan skip challenge oleh remaja dinilai membahayakan kesehatan.

Dari video yang beredar di media sosial, bisa terlihat bagaimana remaja tiba-tiba pingsan hingga kejang-kejang setelah dadanya ditekan selama beberapa menit. Penekanan pada dada tersebut berujung pada menurunnya kadar oksigen dalam darah atau disebut hipoksia. Ketika seseorang mengalami hipoksia, yang pertama kali akan terdampak adalah bagian otak.

Baca Juga: Video Skor Juventus vs AC Milan 2-1 Hasil Liga Italia 2017

Kekurangan oksigen di bagian otak itulah yang menyebabkan penurunan kesadaran hingga kejang. Akibat fatalnya, hipoksia bisa menyebabkan kerusakan otak. Sayangnya, sejumlah remaja yang melakukan skip challenge tak memperhatikan masalah kesehatannya. Mereka justru terlihat menganggap permainan yang viral di media sosial dengan tagar #SkipChallenge itu sebagai sebuah tantangan yang patut dicoba. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply