Denda 25,6 Miliar Untuk Kapal Pesiar Inggris Yang Rusak Karang Raja Ampat

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Kapal Caledonian Sky yang kandas di perairan Pulau Kri, Raja Ampat menyisakan kisah pedih tentang rusaknya karang di sana. Foto-foto karang yang rusak ini sungguh bikin miris. Gugusan karang di sekitar perairan Pulau Kri, Raja Ampat rusak akibat ditabrak kapal pesiar Caledonian Sky asal Inggris yang kandas.

Alexander Stubbs, peneliti biologi dari Universitas Berkeley California, AS sekaligus seorang penyelam mengabadikan kondisi karang-karang yang rusak akibat Kapal Pesiar Caledonian Sky yang kandas tersebut. Diperkirakan luasan tutupan karang yang rusak sekitar 1.600 meter persegi. Hampir sepanjang 300 meter tutupan karang hancur akibat kapal itu. Hamparan karang yang semula cantik dan banyak ikannya, dalam foto Alex tampak hancur berkeping-keping dan hanya tinggal menyisakan puing saja.

Padahal terumbu karang membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa mencapai kondisi yang bagus kita lihat. Setidaknya butuh puluhan tahun untuk merehabilitasi karang dengan kerusakan seperti parah. Kapal Caledonian Sky diketahui dioperasikan oleh operator tur bernama Noble Caledonia. Kapal ini membawa 102 orang penumpang serta 79 kru kapal dari Papua Nugini menuju ke Manila, Filipina.

Baca Juga: Video Pertandingan Deportivo La Coruna vs Barcelona 2-1 Hasil Liga Spanyol 2017

Kapal berbendera Bahama ini dijadwalkan sampai ke Manila 14 Maret 2017. Diberitakan Guardian dari Inggris, pemda setempat sudah menemui pihak Noble Caledonia. Pihak cruise harus membayar kompensasi denda USD 1,28-1,92 juta (Rp 17-25,6 miliar). Namun proses administrasi pembayaran denda makan waktu 1-2 tahun untuk dananya bisa dicairkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply