KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia Karena Sesak Napas

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Ada keinginan KH Hasyim Muzadi yang belum sempat terlaksana karena sudah tutup usia. Mantan Ketua Umum PBNU ini memiliki keinginan mengembangkan pesantren di Bogor. Kiai Hasyim Muzadi merupakan sosok yang menghargai dan menghormati orang lain. Hingga Kiai Hasyim menghembuskan napas terakhir, belum ada pesan lain yang disampaikan.

Hanya pesan untuk dimakamkan di Pondok Pesantren Al-Hikam di Beji, Depok. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada laman Twitter miliknya, Kamis, 16 Maret 2017. Hasyim Muzadi meninggal dunia sekitar pukul 06.15 WIB.

Salah satu penyebab kesehatan KH Hasyim Muzadi menurun dikarenakan sesak napas akibat dahak dari batuk yang dialaminya. Keterangan tersebut disampaikan Ketua Tim Dokter yang menangani Kiai Hasyim, dr Hariadi Moeljosoedirjo pada hari Rabu, 15 Maret 2017. Dahak yang berada di tenggorokan Hasyim Muzadi tersumbat sehingga Kiai yang dikenal moderat dan nasionalis itu mengalami sesak napas.

Baca Juga: Konser Shane Filan Dunia Kecil Milik Penggemar Westlife Live in Jakarta

Dahak berperan melumasi lapisan lembut dalam sistem pernapasan. Tanpa dahak, udara yang dihirup terasa sangat tidak nyaman. Namun, produksi dahak yang berlebihan dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk bernapas dan tidak nyaman. Seperti yang dialami Hasyim Muzadi, dahak yang tersumbat dapat menumpuk di paru-paru dan tenggorokan. Penumpukan dahak dapat terasa menyakitkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply