Info BMKG Gempa Jogja dan Gempa Sorong Susulan Terkini

0
I CumaBerita.com, Jakarta. Gempa bumi 6,8 SR yang mengguncang Kota Sorong dan sekitarnya pada hari Kamis 24 September 2015 pukul 22.53 WIB telah menimbulkan kerusakan. Pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km dan episentrum berada di 31 km Timur Laut Kota Sorong, Papua Barat, atau 68 km Timur Laut Raja Ampat, Papua Barat.

Intensitas gempa dirasakan skala IV-V MMI (Modified Mercalli Intensity) di Kota Sorong, III-IV MMI di Raja Ampat, dan Maybrat, dan II-III MMI di Manokwari. Gempa tidak berpotensi tsunami. Menurut BMKG terus terjadi gempa susulan yaitu 4,3 SR pada Jumat 25 September 2015 pukul 00.34 WIB, kemudian 4,1 SR, 4,3 SR, dan 4,4 SR. Intensitas guncangan gempa terasa II-III MMI (lemah) oleh masyarakat Kota Sorong.

Beberapa saat yang lalu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menyatakan gempa bumi berkekuatan sekitar 4,5 SR yang mengguncang Jogja tepatnya pada hari Jumat tanggal 25 September 2015 malam. Meski tidak berpotensi merusak namun cukup mengejutkan masyarakat Jogja.

Baca Juga: Foto Profil Biodata Della JKT48 Salah Mengartikan Tut Wuri Handayani di Status Twitter

Gempa yang terjadi pada sekitar pukul 20.30 WIB berpusat di 12 km sebelah barat laut Gunungkidul dan pada kedalaman 10 km. Guncangan gempa dirasakan oleh masyarakat yang bermukim di Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta bahkan hingga di beberapa wilayah Provinsi Jawa Tengah meskipun tidak terlalu besar getarannya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply