Selain Nyepi Ada Ritual Lain Sambut Tahun Baru Saka

0
S CumaBerita.com, Jakarta. Perayaan pergantian tahun biasanya identik dengan pesta, namun umat Hindu merayakannya dengan ritual yang bernama Nyepi. Saat melakukan ritual Nyepi, seluruh umat Hindu wajib berdiam diri di rumah. Umat Hindu merayakan Tahun Baru Saka 1939 pada Selasa 28 Maret 2017. Tak hanya di Bali, ritual ini juga dirayakan umat Hindu di seluruh Indonesia.

Seperti di Klaten yang merupakan tempat Candi Prambanan berada. Namun, ritual Nyepi bukan satu-satunya ritual yang dilakukan umat Hindu dalam menyambut Tahun Baru Saka. Melasti, ritual melasti dilakukan tiga sampai empat hari sebelum ritual Nyepi. Memiliki makna upacara penyucian, dalam ritual ini semua umat Hindu pergi ke pura yang berada dekat pantai dengan mengenakan baju berwarna putih.

Bhuta Yajna, ritual yang dilakukan satu hari sebelum ritual Nyepi ini bertujuan untuk mengusir aura buruk di tahun yang akan disambut. Selain itu ritual ini juga bertujuan untuk mendekatkan Tuhan, manusia dan alam. Selain melakukan pertapaan, umat Hindu juga diwajibkan berpuasa dan mematikan seluruh sumber cahaya di rumah.

Baca Juga: Foto Kezia Karamoy Pesta Lajang Diberi Kue Bentuk Mr. P

Ngembak Geni, sama seperti Lebaran, dalam ritual ini umat Hindu akan mengunjungi sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan. Tentu saja makan makanan tradisional Bali menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu. Selesai ramah tamah dengan keluarga, umat Hindu juga bisa mengunjungi panti sosial untuk berbagi dengan kaum yang membutuhkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply