Tata Cara Lapor SPT Tahunan Pajak Online via Efiling DJP Online 2017

0
T CumaBerita.com, Jakarta. Pada saat pelaporan pajak Tahun 2017 ini, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah berhasil mengembangkan sistem pelayanan pajak satu pintu. Dimana proses pelaporan dan pembayaran pajak bisa dijalankan dalam satu sistem yang saling terintegrasi atau lebih dikenal dengan sebutan Djp Online One Stop Tax Services.

DJP Online efiling merupakan aplikasi layanan pajak yang bisa digunakan untuk melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) secara online. Untuk dapat mengaksesnya harus memiliki Nomor EFIN terlebih dahulu dan selanjutnya melakukan pendaftaran akun di situs Direktorat Jenderal Pajak melalui : djponline.pajak.go.id. Apabila telah selesai melaporkan SPT tersebut bisa langsung melakukan pembayaran dengan menggunakan aplikasi e-Billing Pajak.

Sebagai Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi atau Badan Usaha bisa menggunakan sistem aplikasi eFiling Pajak untuk melaporkan pajak penghasilan, dimana batas akhir penyampaian laporan SPT tersebut adalah sampai dengan Tanggal 31 Maret 2017 untuk WP Pribadi & 30 April 2017 untuk WP Badan Usaha. Jenis Formulir SPT elektronik yang bisa langsung diisi melalui aplikasi efiling Pajak adalah SPT untuk Wajib Pajak Orang Pribadi.

Baca Juga: Ditjen Pajak Resmi Perpanjang Pelaporan SPT Tahun 2017

Program aplikasi ini sangat mudah diaplikasikan karena akan dipandu oleh sistem saat pengisian SPT tersebut. Pelaporan dengan menggunakan sistem pajak ini telah diatur oleh Peraturan Dirjen Pajak Nomor : PER-01/PJ/2016, Tentang Tata Cara Penerimaan dan Pengolahan SPT dan, Nomor : PER-41/PJ/2015, Tentang Pengamanan Transaksi Elektronik Layanan Pajak Online. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply