Mekanisme Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Pada tahun 2017 pemerintah melalui Kemendikbud kembali akan mengadakan UNBK. Namun tidak semua sekolah bisa melaksanakannya. Hanya sekolah tertentu yang telah memenuhi standar minimal ditentukan yang bisa menggelar UNBK 2017. UNBK menjadi proyeksi model UN di masa mendatang. Sehingga diharapkan semua sekolah di Indonesia, pada suatu saat akan bisa melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer.

Ujian Nasional Berbasis Komputer memang tergolong terobosan baru dari Kemendikbud maka tak heran jika belum semua pihak mengetahui dan memahaminya secara jelas. Tes Terkomputerisasi atau Computerized Based Test (CBT) adalah tes berbasis komputer yang penyajian dan pemilihan soalnya dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UNBK 2017 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan sistem CBT untuk mendapatkan hasil tes yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran yang sama dengan ujian menggunakan Paper Based Test (PBT). Jadi setiap peserta akan mengerjakan seluruh mata pelajaran secara terkomputerisasi (CBT) dengan waktu yang sudah ditentukan. Ada berbagai proses dan prosedur yang perlu dimiliki oleh sekolah pelaksana UNBK.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Samsung Galaxy C9 Pro Terbaru April 2017

UNBK menggunakan model CBT semi-online. Model CBT semi-online adalah model CBT di mana koneksi internet hanya dibutuhkan ketika sebelum ujian untuk sinkronisasi informasi soal ujian dan informasi peserta serta sesudah ujian untuk pengunggahan data jawaban peserta ujian. Sedangkan pelaksanaan ujian tidak memerlukan koneksi jaringan internet. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply