Ucapan Selamat Hari Kartini Untuk Perempuan Indonesia

0
U CumaBerita.com, Jakarta. Beragam komentar disematkan untuk momen yang sudah ditetapkan sebagai Peringatan Hari Kartini ini pada Kamis, 21 April 2017. Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia. Ucapan ini mengalir di linimassa Twitter dan sejumlah jejaring sosial lainnya. Hari Kartini ditetapkan sesuai dengan tanggal lahir Raden Adjeng Kartini yakni, 21 April 1879.

RA Kartini Perempuan asli Jawa yang meninggal dalam usia muda 25 tahun ini dinobatkan sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi pada saat itu. RA Kartini diketahui sempat mengenyam pendidikan ELS (Europese Lagere School) hingga usia 12 tahun. Berkat itu, RA Kartini mahir berbahasa Belanda.

Namun setelah 12 tahun, RA Kartini dipingit dan tidak boleh meninggalkan rumah. Sejak saat itu Kartini berkorespondensi dengan temannya yang berada di Belanda. RA Kartini juga dikenal rajin membaca sejumlah media asing dan menuliskan pendapatnya di beberapa media. Dari itu bisa dilihat Kartini memang berminat dalam sejumlah masalah sosial.

Terutama perjuangan perempuan untuk memperoleh kekebasan, otonomi dan persamaan hukum. Ada yang menarik saat menyambut Hari Kartini, sejumlah perempuan menggelar surfing dengan mengenakan kebaya di Pantai Kuta, Bali. Sontak saja aksi surfer girl itu menarik perhatian turis mancanegara yang tengah berlibur di Bali.

Baca Juga: Sejarah Hari Kartini Yang Diperingati Setiap 21 April

Meski menggunakan kebaya dan rok, namun aksi mereka tetap lincah dalam menaklukkan ganasnya ombak Pantai Kuta. Kendati begitu, baju khas Kartini itu cukup menghambat pergerakan mereka di atas air. Salah satu surfer yang ikut berselancar menuturkan, meski tak terlalu maksimal di atas air, namun ia mengaku cukup senang bisa bergaya dengan pakaian khas tradisional Indonesia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply