Foto Pesawat Luar Angkasa Cassini Ungkap Misteri di Antara Saturnus

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Pesawat luar angkasa Cassini adalah wahana yang dirancang khusus untuk mempelajari Saturnus dan satelit alaminya. Cassini diambil dari nama astronom Italia-Prancis Giovanni Domenico Cassini. Wahana itu diluncurkan pada 15 Oktober 1997 lalu dan memasuki orbit Saturnus pada tanggal 1 Juli 2004. Pada 25 Desember 2004, satelit Huygens yang sebelumnya menempel dengan Cassini berpisah dan mendarat di Titan pada 14 Januari 2005.

Huygens lalu mengirim informasi tentang Titan kepada ilmuwan untuk dipelajari. Dua puluh tahun berlalu sejak diluncurkan, pesawat luar angkasa Cassini mengitari Saturnus, planet bercincin di tata surya untuk terakhir kalinya. Wahana milik NASA itu sudah mengorbit Saturnus selama satu sedekade lebih, tepatnya sejak 2004. Cassini telah mengumpulkan banyak informasi tentang planet terbesar kedua di tata surya tersebut.

Setelah semua yang dilakukannya, pesawat luar angkasa Cassini itu akhirnya memanfaatkan dorongan gravitasi satelit Saturnus bernama Titan, Sabtu 22 April 2017 pagi WIB untuk membuat rute baru. Upaya terbaru Cassini itu memberi ilmuwan citra pertama lautan Titan, pola cuaca dan bukit pasir yang bergelombang. Cassini terbang sekitar 979 kilometer di atas Titan dengan kecepatan relatif 21.000 kilometer per jam.

Baca Juga: Video Kisah Hidup Madonna Akan Dibuat Film

Cassini lantas melesat menjelajahi ruang di antara atmosfer Saturnus yang dipenuhi hidrogen-helium dan cincinnya yang terkenal itu. Reuters melaporkan, Cassini akan memasuki ruang yang belum terjamah untuk pertama kalinya dalam sejarah, Rabu 26 April 2017. Akan ada 22 upaya percobaan penjelajahan di area itu. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply