Rencana PT KAI Pastikan Bongkar Rumah Warga Manggarai Hari Ini

0
R CumaBerita.com, Jakarta. PT KAI akan membangun proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Soekarno Hatta. Kereta yang akan beroperasi ditargetkan akan mengangkut 33.000 penumpang per hari atau sekitar 20 persen dari jumlah penumpang bandara. Pada 2011, pemerintah menyatakan nilai investasi seluruh proyek mencapai Rp10 triliun.

Kereta sendiri akan melayani masyarakat mulai dari Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan berakhir di Bandara Soekarno-Hatta dengan lintasan sejauh 36,3 kilometer. Saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan akan meratakan bangunan warga RW 12, Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan untuk proyek Jalur Kereta Api Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sedikitnya ada sebelas bangunan di Jalan Sahardjo I itu, yang bakal diratakan dengan tanah.

PT KAI sudah melayangkan Surat Peringatan (SP) ke-3. Warga yang rumahnya terdampak untuk salah satu proyek strategis nasional pemerintah Presiden Joko Widodo wajib dikosongkan. PT KAI mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas untuk melakukan pembongkaran bangunan yang terdiri dari sepuluh hunian dan satu bengkel.

Baca Juga: Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Terima Dua Penghargaan Jakarta Provinsi Terbaik

Menurut PT KAI hari ini petugas akan bergerak ke rumah-rumah warga tersebut. Sementara itu, sebelumnya puluhan personel Brimob dan TNI Angkatan Laut sudah datang ke jalan Dr. Saharjo I, Kelurahan Manggarai, Jakarta Selatan, terkait dengan upaya penggusuran terhadap rumah warga untuk proyek tersebut. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply