Pertimbangan Hakim Vonis Ahok Dipenjara 2 Tahun

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tiba di penjara Cipinang dengan pengawalan ketat. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dibawa ke Cipinang dengan kendaraan Baracuda lapis baja, disambut puluhan pewarta. Para wartawan berteriak-teriak memintanya menoleh untuk difoto. Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat melampaikan tangan kepada para wartawan, namun tak mengucapkan sepatah kata.

Menteri Dalam Negeri menyatakan, pemerintah akan menonaktifkan Basuki Tjahaja Purnama, sesudah gubernur Jakarta itu ditahan. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinyatakan bersalah kasus penistaan agama, dijatuhi hukuman penjara dua tahun dan ditahan. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelumnya hanya dituntut hukum penjara satu tahun dengan masa percoobaan dua tahun dalam kasus terkait pidatonya di Kepulauan Seribu.

Hakim menghukum dengan pasal 156a untuk penistaan, lebih berat dari tuntutan jaksa yang menjerat dengan pasal 156 tentang pernyataan permusuhan dan kebencian terhadap terhadap suatu golongan. Pada persidangan sebelumnya, jaksa penuntut umum menuntut Ahok penjara satu tahun dengan masa percobaan dua tahun.

Jaksa memilih pasal 156 KUHP tentang pernyataan permusuhan terhadap golongan, bukan pasal 156a KUHP tentang penodaan agama. Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) tetap menggelar aksi pada sidang pembacaan putusan hakim atas kasus penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga: Ahok Dipenjara 2 Tahun Terbukti Melakukan Penodaan Agama

Front Pembela Islam, salah satu organisasi yang tergabung dalam GNPF MUI menyatakan akan terus menuntut hukuman bagi Ahok semaksimal mungkin. Mereka tetap hakim memberikan vonis kepada Ahok sesuai pasal 156a KUHP dengan hukuman maksimal 5 tahun penjara. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply