Ahok Ikhlas Jalani 2 Tahun di Penjara Banding Dicabut

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Berawal dari apa yang disampaikannya pada September 2016 dalam sebuah kunjungan di Kepulauan Seribu, Ahok dituding menodai Surat Al-Maidah ayat 51. Ahok menjalani persidangan hingga akhirnya ketok palu hakim pada 9 Mei 2017 menyatakan Ahok terbukti bersalah. Hukuman 2 tahun penjara menantinya.

Ahok pun sempat berunding dengan tim kuasa hukum hingga akhirnya tercetus mengajukan banding. Ahok tak serta-merta bebas karena majelis hakim memerintahkan agar Ahok ditahan. Sempat hendak menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang, Jakarta Timur, akhirnya Ahok dipindahkan dan mendekam di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Dari balik jeruji besi, Ahok mendapat banyak kunjungan, terutama dari Djarot Saiful Hidayat, yang kini menjadi Plt Gubernur DKI Jakarta. Namun kini akhirnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memilih ikhlas menjalani hukuman pidana penjara selama 2 tahun. Vonis itu dijatuhkan kepada Ahok, yang dinilai majelis hakim terbukti melakukan penodaan agama.

Pencabutan banding ini dilakukan setelah tim pengacara Ahok datang ke PN Jakarta Utara, yang bertempat di gedung eks PN Jakarta Pusat, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Majelis hakim dalam sidang 9 Mei sebelumnya menyatakan Ahok terbukti bersalah melakukan penodaan agama karena pernyataan soal Surat Al-Maidah 51 saat berkunjung ke Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Foto Profil Porter Temukan dan Kembalikan Tas Berisi Uang Ratusan Juta

Dari ucapan Ahok tersebut, terdakwa telah menganggap Surat Al-Maidah adalah alat untuk membohongi umat atau masyarakat atau Surat Al-Maidah 51 sebagai sumber kebohongan. Dan dengan adanya anggapan demikian, maka menurut pengadilan, Ahok telah merendahkan dan menghina Surat Al-Maidah ayat 51. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply