Foto Penampakan Bulan Berdarah Merah (Blood Moon) Super Moon 2015

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya masyarakat Indonesia telah menyaksikan indahnya gerhana bulan total yang berlangsung pada hari Sabtu 4 April 2015. Ini merupakan gerhana bulan pertama dalam rangkaian gerhana tahun 2015. Gerhana bulan total dapat dilihat dari seluruh Indonesia ketika bulan terbit. Hadirnya peristiwa gerhana bulan total itu diumumkan dalam situs resmi NASA pada 30 Maret 2015.

Ini merupakan peristiwa gerhana bulan total ketiga yang terjadi selama jangka waktu kurang dari satu tahun. NASA juga memperkirakan gerhana bulan total yang terjadi kerena bulan memasuki wilayah bayangan bumi secara penuh. Gerhana bulan total itu juga menimbulkan peristiwa menarik di wilayah Amerika Serikat, terutama di sekitar wilayah Mississippi.

Di wilayah tersebut masyarakat tak hanya bisa melihat peristiwa gerhana bulan total, namun juga perubahan warna bulan dari gelap total kala memasuki wilayah bayangan bumi menjadi merah karena adanya gangguan dari matahari yang mulai terbit. Kembali pada hari Minggu 27 September 2015 sebagian besar penduduk bumi memiliki kesempatan untuk menyaksikan gerhana supermoon.

Baca Juga: Video Foto Nasa Temukan Sumber Air Mengalir di Planet Mars

Kejadian yang sangat langka ini terjadi ketika gerhana bulan berlangsung bersamaan dengan supermoon. Supermoon adalah bulan penuh yang terjadi ketika posisinya sangat dekat dengan bumi. Orbit bulan tidak membentuk bulatan sempurna. Gerhana bulan sendiri terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan, menutupi cahaya langsung. Ini memberikan bulan warna kemerahan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply