Gempa Bumi 5,7 Skala Richter Di Morowali Sulawesi Tengah Terasa Kuat

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rabu 24 Mei 2017 gempa terjadi sekitar pukul 16.10 WIB. Gempa berada di 31 km tenggara Morowali. Lokasi gempa berada di koordinat 2,78 LS dan 122,17 BT. Kedalaman gempa 10 km. Gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter (SR) terjadi di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Gempa tidak berpotensi tsunami.Belum ada laporan terjadinya kerusakan, termasuk laporan mengenai ada tidaknya korban. Gempa itu membuat warga panik dan berhamburan keluar rumah. Guncangan gempa bumi di Morowali, Sulawesi Tengah, terasa kuat hingga membuat warga berhamburan keluar rumah.

BMKG memperbarui data kekuatan gempa bumi yang terjadi, yakni 5,6 Skala Richter (SR), bukan 5,7 SR sebagaimana informasi awal. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal yang dipicu aktivitas patahan matano segmen Geresa.

Ini sesuai dengan hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan sesar mendatar mengiri (sinistral). Getaran gempa bumi dirasakan di Morowali dan Bungku II SIG-BMKG (III-IV MMI), Sorowako II SIG-BMKG (III MMI), Kendari, Kolaka, dan Palu I SIG-BMKG (II MMI).

Baca Juga: 5 Kiat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Untuk Wanita Karir

Deskripsi gempa bumi dengan skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan guncangan dirasakan oleh orang banyak tetapi belum berpotensi menimbulkan kerusakan. Setelah gempa bumi pertama, terjadi gempa susulan pada pukul 16.10 WIB dengan kekuatan 4,3 SR. Masyarakat diimbau tetap tenang. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply