Manfaat Dan Keutamaan Puasa Di Bulan Ramadhan

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia. Bulan ini dipilih sebagai bulan untuk berpuasa dan pada bulan ini pula Al-Qur’an diturunkan. Setan-setan dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan pintu-pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba. Terdapat malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan.

Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan yaitu lailatul qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah -yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadhan- saat diturunkannya Al Qur’anul Karim. Bulan ramadhan adalah salah satu waktu dikabulkannya doa.

Puasa itu sebuah sikap ketahanan diri dan pengabaian. Di dalamnya ada rahasia yang tak terdapat di ibadah lainnya yang bisa terlihat. Puasa merupakan sebab menuju ketakwaan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Dan ini merupakan faidah yang terbesar dari ibadah puasa.

Yaitu puasa akan menumbuhkan ketakwaan, sementara takwa adalah tingkatan ibadah yang paling tinggi. Takwa adalah kalimat yang mencakup segala kebaikan. Karena dengan puasa, seorang hamba akan menjauhi maksiat dan keburukan, menjauh darinya, dan bertaubat dari dosa yang telah lalu.

Berikut adalah beberapa keutamaan puasa.
Puasa adalah perisai.
Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang tak terhingga.
Orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan.

Baca Juga: Amal Ibadah Pada Bulan Puasa (Ramadhan) Sesuai Sunnah Rasul SAW

Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di hadapan Allah daripada bau misik atau kasturi.
Puasa akan memberikan syafaat bagi orang yang menjalankannya.
Orang yang berpuasa akan mendapatkan pengampunan dosa.
Bagi orang yang berpuasa akan disediakan Ar Rayyan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply