Hukum Masih Sahur Saat Adzan Subuh Berkumandang

0
H CumaBerita.com, Jakarta. Makan atau minum setelah tanda imsak berbunyi, tak diragukan lagi sebagai tanda peringatan hati-hati. Tujuannya, agar orang yang sedang sahur tidak kaget dengan azan subuh. Dengan adanya tanda imsak, orang yang sedang sahur bisa segera menghabiskan makanannya. Demikian juga orang yang belum sahur, bisa segera untuk makan sahur.

Jika kita masih sahur lalu terdengar adzan Subuh, apakah makanan yang sudah ada di dalam mulut harus dibuang atau boleh ditelan. Setiap negara punya kebijakan sendiri soal tanda imsak. Di Indonesia, tanda imsak yang disepakati ulama yakni 10 menit sebelum waktu subuh. Sedangkan untuk daerah Timur Tengah biasanya 15 menit sebelum waktu subuh. Penghitungannya tergantung kesepakatan ulama setempat melihat kondisi masyarakat yang ada.

Namun bagaimana jika azan subuh sudah berkumandang apakah masih diperbolehkan menghabiskan sisa makanan yang ada. Menjadi suatu dilema, jika sisa makanan harus dibuang karena waktu subuh telah masuk. Dikhawatirkan pula hal ini bisa jatuh pada perkara mubazir karena membuang makanan.

Apalagi, tipikal orang Indonesia harus minum setelah makan. Dalam hal ini, para ulama berbeda pendapat. Mazhab pertama, mereka membolehkan menghabiskan suapan terakhir dari makanannya, atau menghabiskan makanan yang sudah ada dalam mulutnya.

Baca Juga: Niat Puasa Dan Doa Utama Yang Dibaca Saat Bulan Suci Ramadhan

Demikian juga sekedar minum untuk mengakhiri makan sahurnya. Semuanya itu boleh dilakukan walau muazin sudah mulai mengumandangkan azan. Sedangkan pendapat kedua, mengharamkan untuk makan apapun ketika sudah terdengar azan. Bahkan, jika ada makanan dalam mulutnya, ia harus memuntahkan makanan tersebut. Jika ia tetap melanjutkan makannya, maka batallah puasanya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply