Daftar Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1438 H – 2017 M Seluruh Indonesia

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Awal Ramadhan atau Puasa 2017 (1438 H) jatuh pada hari Sabtu 27 Mei 2017. Bulan Ramadhan sebagai bulan penuh rahmat, bulan penuh berkah dan bulan penuh ampunan. Sebagaimana tahun sebelumnya, setiap jelang Ramadhan selalu disediakan jadwal imsakiyah untuk seluruh kota besar di Indonesia. Tahun ini jadwal imsakiyah dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Muhammadiyah.

Istilah imsak yang sangat populer merupakan istilah yang agak salah kaprah. Sebab makna imsak adalah puasa, bukan bersiap-siap untuk puasa 10 menit lagi. Waktu imsak bukan tanda masuknya waktu mulai untuk puasa. Saat dimulai puasa itu bukan sejak masuknya waktu imsak, melainkan sejak masuknya waktu shubuh. Ini penting agar jangan sampai nanti ada orang yang salah dalam memahami.

Dan merupakan tugas kita untuk menjelaskan hal-hal kecil ini kepada masyarakat. Kalau bertanya kenapa ada jadwal imsak di Indonesia, ini memang pertanyaan menarik. Indonesia punya karakter unik yang terkadang tidak dimiliki oleh negara di mana Islam itu berasal. Salah satunya imsak ini. Bahkan sampai ada istilah jadwal imsakiyah.

Baca Juga: Manchester City Datangkan Bernardo Silva Pemain Baru Pertama

Padahal maksudnya adalah jadwal waktu shalat. Karena kebetulan dicantumkan juga waktu imsak yang kira-kira 10 menit sebelum shubuh itu, akhirnya namanya jadi seperti itu. Padahal waktu 10 menit itu pun juga hanya kira-kira, sebagai terjemahan bebas dari kata sejenak. Memang asyik kalau ditelusuri, kenapa 10 menit, kenapa tidak 5 menit atau 15 menit, pasti tidak ada yang bisa menjawab. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply