Daftar Pahlawan Revolusi Korban G30S/PKI Peringatan Sejarah

0
D CumaBerita.com, Jakarta. Pada hari 1 Oktober 1965 dini hari tujuh kesatuan unit militer bergerak di Jakarta menuju rumah tujuh jenderal angkatan bersenjata. Tiga dibunuh, tiga ditangkap, dan satu orang, Abdul Haris Nasution berhasil lolos, meski anak perempuannya yang berusia lima tahun, Ade Irma Suryani tewas tertembak. Insiden ini kemudian mengubah arah sejarah modern Indonesia dan Asia, dengan memicu pembunuhan massal terburuk pada abad 20.

Partai Komunis Indonesia merupakan dalang dari Gerakan 30 September PKI yang diketuai oleh Dipa Nusantara Aidit (DN. Aidit) yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno. Dan menginginkan pemerintahan Indonesia menjadi pemerintahan komunis. Berikut daftar para Pahlawan Dewan Jendral dan Perwira Tinggi yang meninggal dunia atas kekejaman Gerakan G30SPKI dan ditemukan di sumur Lubang Buaya.

1. Letnan Jendral Anumerta Ahmad yani (Meninggal dunia di rumahnya, Jakarta Pusat, yang sekarang menjadi Museum Sasmita Loka Ahmad Yani)
2. Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono
3. Mayor Jendral Raden Soeprapto
4. Brigadier Jendral Donald Isaac Panjaitan
5. Mayor Jendral Siswondo Parman

Baca juga: Foto Penyebab Polda Jateng (Jawa Tengah) Kebakaran di Semarang

6. Brigradir Polisi Ketua Karel Satsuit Tubun
7. Brigadier Jendral Sutoyo Siswodiharjo
8. Kolonel Katamso Darmokusumo
9. Letnan Kolonel Sugiyono Mangunwiyoto
10. Ade Irma Suryani Nasution
11. Kapten Lettu Pierre Andreas Tendean. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply