Zaha Hadid Arsitek Kenamaan Inggris Meninggal Dunia

0
Z CumaBerita.com, Jakarta. Zaha Hadid, Arsitek Inggris memenangkan medali emas RIBA untuk pertama kalinya penghargaan bergengsi itu dimenangkan seorang perempuan. Arsitek Inggris kelahiran Irak itu sebelumnya memenangkan berbagai penghargaan tertinggi untuk arsitektur, dan memperoleh gelar ningrat Inggris, Dame, tahun 2012 berkat pencapaiannya.

Medali emas ini dianugerahkan oleh Royal Institute of British Architects (Riba), dan disetujui secara pribadi oleh Ratu Elizabeth II, sebagai pengakuan atas karya dan pencapaian Zaha Hadid sepanjang hidupnya. Ketua RIBA menyebut Zaha Hadid sebagai tokoh hebat yang sangat berpengaruh secara global di bidang arsitektur.

Disebutkannya begitu eksperimental, tertata ketat, presisi, karya-karyanya mulai dari bangunan hingga perabot, alas kaki hingga mobil, sangat digandrungi di seluruh dunia. Dame Zaha sebelumnya sudah dua kali memenangankan Riba Stirling Prize, anugerah asitektur Inggris paling bergengsi. Anugerah itu ia peroleh tahun 2010 untuk Museum Maxxi di Roma, dan tahun 2011 untuk Evelyn Grace Academy di Brixton.

Bangunan rancangannya yang unik bisa ditemukan mulai dari Guangzhou di Cina hingga Glasgow, Skotlandia. Arsitek Inggris kenamaan, Zaha Hadid, meninggal dunia pada hari Kamis 31 Mei 2017 dalam usia 65 tahun. Zaha Hadid yang lahir di Irak ini terkena bronchitis pekan ini dan mengalami serangan jantung ketika menjalani perawatan di Miami, Amerika Serikat.

Baca Juga: Foto Aishwarya Rai Tampil Menawan Gaun Ikonis Cinderella

Zaha Hadid memiliki kantor di London dan menangani proyek-proyek besar, di antaranya Gedung Opera Guangzhou di Cina dan arena renang di kompleks Stadion Olimpiade London. Selain itu Zaha Hadid juga menggarap sejumlah gedung di Hong Kong, Azerbaijan, dan Jerman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply