Kaum Pria Mau Ber KB Di Yogyakarta Dapat Rp1 Juta

0
K CumaBerita.com, Jakarta. KB dengan vasektomi merupakan operasi memutus saluran sperma sehingga bagi pria yang memutuskan untuk KB MOP adalah pria yang tidak ingin memiliki anak lagi. Namun demikian, saluran sperma bisa dibuka kembali melalui operasi pula. Hanya, jika biaya operasi untuk mengembalikannya tidak gratis.

Pria yang bersedia menjalani program KB vasektomi akan mendapatkan insentif sebesar Rp1 juta dari Pemerintah Kota Yogyakarta. Program ini dilaksanakan guna mendorong keikutsertaan para lelaki yang selama ini dianggap masih rendah. Pemberian insentif ini sudah sejak tahun 2016 dilakukan oleh Pemkot DIY, sebab selama ini anggapan umum adalah wanita yang seharusnya menjadi peserta KB aktif.

Namun adakah pria yang bersedia menjalani program keluarga berencana (KB) dengan metode operasi pria (MOP) atau vasektomi. Insentif ini diberikan karena minimnya kepesertaan KB dari pria. KB pria dengan MOP paling sedikit di antara KB lainnya. Karena itu selain mendapat pelayanan gratis dalam mengakses KB, peserta KB juga mendapatkan insentif Rp1 juta.

Pasangan usia subur (PUS) yang mengikuti KB sebanyak 31.405. Jumlah itu sekitar 71 persen dari total PUS 43.379. Sedangkan peserta KB wanita di antaranya dengan metode IUD 32,64 persen, Metode Operasi Wanita (MOW), kondom 17 persen Implan 2,8 persen serta sisanya suntik dan pil KB.

Baca Juga: Cara Jokowi Kirim Pesan ke Penjuru Indonesia di Hari Lahir Pancasila

Jumlah pria melakukan KB MOP hanya seitar 0,96 dari total peserta KB. Sedangkan pria yang KB dengan kondom mencapai 2,8 persen dari total peserta KB. Eny memstikan KB pria aman, tidak menghilangkan kejantanan seperti yang dikhawatirkan. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply