Aturan Guru Wajib Mengajar 8 Jam Siapkah Guru Dalam Penerapannya

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya wacana yang digulirkan Mendikbud Prof Dr Muhadjir Effendy pada 2016 mengenai guru wajib mengajar 8 jam di sekolah kembali menuai polemik. Aturan tersebut rencananya akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2017/2018, tapi hingga kini aturannya belum ada.

Mendikbud pernah menyatakan, yang diwajibkan mengajar selama 8 jam di sekolah adalah PNS dan guru yayasan/swasta yang sudah mendapatkan tunjangan profesi. Sementara untuk guru tidak tetap (GTT) tak diwajibkan. Namun meskipun sudah diwacanakan sejak 2016 lalu, aturan yang membahas para guru wajib mengajar selama 8 jam di sekolah hingga saat ini belum ada.

Padahal rencananya, aturan tersebut akan dimulai semester depan. Seharusnya jika memang akan diterapkan pada tahun ajaran baru mendatang, harus ada aturan kemudian disosialisasikan mulai sekarang. Kabar terbaru yang didapatkan, aturan tersebut sedang dalam penggodokan.

Meskipun belum ada aturan, dia mengungkapkan, beberapa SMPN di Indonesia sudah menerapkan aturan guru mengajar delapan jam di sekolah. Hal itu karena menerapkan pendidikan penguatan karakter (PPK). Semakin cepat aturan guru wajib delapan jam di sekolah, maka akan semakin baik.

Baca Juga: Video Aksi Demian di America’s Got Talent Memukau

Sebab selama ini banyak guru swasta atau yayasan yang sudah menerima tunjangan, tapi mencari pekerjaan sampingan. Di SMP swasta tidak semudah di SMP negeri. Jika di sekolah negeri sudah mewajibkan gurunya dengan landasan PPK, maka di sekolah swasta akan terkendala. Sebab tidak semua SMP swasta menerapkan PPK. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply