Cara Mengisi Keistimewaan Malam Nuzulul Quran Hari Diturunkannya Kitab Paling Sempurna

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Istilah Nuzulul Quran memiliki arti peristiwa yang sangat penting mengenai turunya Al Quran kepada Nabi Terakhir, Nabi Muhammad SAW. Jadi Malam Nuzulul Quran bisa secara singkat diartikan sebagai malam dimana Allah SWT menurunkan kitab suci Al Quran kepada Rasulullah SAW.

Tak terasa kini umat muslim telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 2017 tahun ini telah memasuki hari yang ke 17. Pada malam ke 17 Ramadhan kali ini sering dikenal dengan Malam Nuzulul Quran. Secara Bahasa, Nuzulul Quran memiliki arti turunnya kitab suci Al Quran.

Keistimewaan dari malam tersebut adalah malam turunnya Al Quran. Keistimewaan yang pertama adalah malam turunya Al Quran. Dan ini tak terjadi pada malam-malam yang lainnya.

Al Quran diturunkan bukan hanya untuk Nabi Muhammad SAW saja, melainkan untuk pembeda antara yang baik dan benar serta petunjuk bagi umat Islam. Al Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadar secara keseluruhan. Namun penyampaiannya kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan secara berangsur-angsur.

Baca Juga: Jumlah Daftar Kota Yang Terguncang Gempa Sukabumi 6,3 SR

Diturunkannya wahyu yang pertama. Pada Malam ini pula, Allah SWT menurunkan wahyu yang pertama melalui perantara malaikat Jibril. Dan wahyu yang pertama ini diturunkan surah Al Alaq ayat 1-5 bertempat di sebuah gua bernama gua hira. Diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi utusan Allah SWT dan menjadi Nabi yang terakhir. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply