Video Kawah Sileri Meletus Status Gunung Dieng Tetap Normal Aktif

0
K CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya Kawah Sileri yang berada di Gunung Dieng, Banjarnegara pernah meletus di bulan April dan Mei 2017. Letusan tersebut merupakan letusan Freatik dengan skala kecil. Petugas telah memasang garis polisi di sekitar Kawah Sileri pasca letusan tersebut.

Para wisatawan juga diimbau untuk tidak mendekat hingga ada pemberitahuan lebih lanjut dari petugas.
Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tetap tenang dan tetap mengikuti apa yang diimbau oleh pemerintah. Masyarakat diminta untuk tenang dan tetap mengikuti instruksi pemerintah daerah melalui BPBD banjarnegara dan petugas Pos PVMBG Pos Dieng.

Personel gabungan yang berjumlah sekitar 300 orang telah berada di lokasi. Posko juga telah dibuka di Desa Kepakisan, Banjarnegara. Kawah Sileri meletus sekitar pukul 12.00 WIB, Minggu 2 Juli 2017. Ada 17 orang wisatawan yang sedang berada di lokasi dan telah dievakuasi oleh petugas.

Korban luka langsung dibawa oleh petugas ke Puskesmas Batur. Kawah Sileri di Gunung Dieng, Banjarnegara diketahui masih berstatus normal aktif. Belum ada kenaikan status terkait dengan peningkatan aktivitas gunung. Kawah ini tercatat sudah beberapa kali meletus dalam kesempatan sebelumnya.

Kawah Sileri diketahui sebagai kawah yang paling aktif. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menuturkan, 17 wisatawan mengalami luka-luka. Atas kejadian tersebut, lokasi wisata juga telah ditutup untuk umum.

Baca Juga: Jaga Tubuh Tetap Langsing Selama Liburan dengan Tips Berikut

Pengunjung maupun warga diminta untuk meninggalkan lokasi dan untuk area kawah sudah dikosongkan. Kejadian tersebut berpotensi akan menimbulkan letupan susulan. Letusan tersebut disertai lahar dingin, lumpur dan asap mencapai 50 meter. Letusan mengenai sejumlah wisatawan yang berada di sekitar Kawah Sileri. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply