Perppu Ormas Resmi Diterbitkan Kominfo Awasi Aktivitas Ormas di Dunia Maya

0
P CumaBerita.com, Jakarta. Pemerintah sedang mengincar suatu kelompok untuk dibubarkan, kemudian mengeluarkan Perppu sebagai pijakan hukum untuk membubarkan kelompok tersebut. Pakar hukum tata negara menyamakan langkah pemerintahan Joko Widodo menerbitkan Perppu Ormas dengan cara Presiden pertama RI, Soekarno saat membubarkan partai berasas Islam, Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

Dalam peraturan tersebut, partai politik yang pimpinannya terlibat dalam suatu pemberontakan dapat dibubarkan oleh pemerintah. Presiden Soekarno waktu itu memang mengincar Masyumi dan PSI. Pasalnya, Partai Kristen Indonesia yang juga terlibat dalam PRRI/Permesta tidak ikut dibubarkan. Alasan di balik pembubaran Masyumi dan PSI oleh Soekarno karena keduanya termasuk golongan yang menolak arah politik Soekarno yang berasaskan Nasionalis, Agama, Komunis (Nasakom).

Kini Kementerian Komunikasi dan Informatika akan ikut mengawasi keberadaan aktivitas organisasi-organisasi massa (ormas) di dunia maya seiring diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

Peraturan pemerintah pengganti undang-undang tersebut diterbitkan untuk mempersingkat proses pembubaran ormas. Di era digital ini wajar bagi sejumlah kelompok/ormas memiliki akun atau portal daring yang berisi konten profil hingga platform.

Baca Juga: Bocoran Soal Ujian CPNS Pendaftaran Dibuka 1 Agustus 2017

Namun penindakan terhadap Ormas bermasalah ditengarai tidak secara otomatis diikuti dengan penutupan portal/web mereka di dunia maya. Pengawasan dan penindakan di dunia maya tak terkait dengan permasalahan ormas, baik keabsahan maupun legalitasnya. Bardasarkan data yang dihimpun pemerintah, per 6 Juli 2017, di Indonesia terdapat sebanyak 344.039 ormas yang terdaftar. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply