11 DNS Aplikasi Telegram Resmi Diblokir Kemenkominfo

0
11 CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya para pengguna Telegram menyampaikan kritikannya atas perintah pemblokiran tersebut kepada Kemenkominfo melalui Twitter. Mereka menyayangkan langkah pemblokiran tersebut. Pemerintah memblokir situs web Telegram yang beralamat di web.telegram.org. Pemblokiran ini mengundang reaksi dari para penggunanya, dan mereka mengeluhkan hal tersebut kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Kemenkominfo memblokir aplikasi pesan instan Telegram mulai Jumat 14 juli 2017 siang. Telegram diblokir karena dianggap membawa paham radikalisme serta terorisme. Kementerian Komunikasi dan Informatika membuka kemungkinan layanan pesan instam Telegram bakal dibuka kembali. Meski tak mengatakan secara langsung, ketentuan bisa berubah asalkan Telegram bisa patuh dengan peraturan yang berlaku.

Pelaksana tugas Humas Kemenkominfo mengatakan, pihaknya kini sedang mempelajari pernyataan bos Telegram Pavel Durov yang menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintah. Netizen mulai ramai melayangkan protes di Twitter hingga menjadi trending topic. Netizen mengatakan mereka tak bisa lagi mengakses web Telegram di alamat https://telegram.org/.

Dalam pesan tersebut bos Telegram Pavel Durov mengaku lalai dalam menyikapi keinginan Indonesia soal konten terorisme di Telegram. Bos Telegram Pavel Durov berjanji memblokir semua konten yang dilaporkan Menkominfo dan membentuk tim khusus yang paham budaya serta bahasa Indonesia untuk menangkal konten terorisme.

Baca Juga: Sosok Nenek Berusia 80 Tahun Paksa Remaja Untuk Berhubungan Badan

Apabila ada permintaan kerja sama dari Telegram, pemerintah berwenang menentukan mekanisme kerjanya. Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengemukakan pemerintah telah lama memantau Telegram sebagai platform yang kerap digunakan oleh teroris untuk melancarkan rencananya. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply