Cara Menyikapi Kasus Siswa Merokok di Kelas Yang Kembali Viral

0
C CumaBerita.com, Jakarta. Beberapa saat yang lalu dunia pendidikan kembali dihebohkan dengan unggahan foto seorang siswa yang sedang merokok dalam ruang kelasnya. Siswa itu diketahui sebagai pelajar SMK PGRI 38, Jakarta Utara. Dalam unggahan foto di akun instagram pribadinya, siswa tersebut terlihat sedang mengeluarkan asap dari mulutnya.

Namun, hal itu dilakukan saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Selain itu terlihat juga seorang pria yang mengenakan kemeja sedang menghapus papan tulis, pria tersebut diketahui sebagai guru. Melihat peristiwa tersebut, pengamat pendidikan menilai kejadian tersebut merupakan tamparan sekaligus bahan evaluasi untuk dunia pendidikan. Evaluasi tersebut tidak hanya untuk pelajar tetapi juga menyangkut para pengajarnya.

Pengamat pendidikan menilai, sekolah juga harus melihat alasan kenapa pelanggaran tersebut terjadi. Hal itu semakin memberatkan dengan kehadiran guru yang sedang mengajar saat kejadian. Saat siswa telah melakukan pelanggaran seperti itu menandakan ada metode pengajaran yang harus diubah dari para pendidiknya.

Mengubah cara mengajar, seorang guru harus mengubah pola mengajar mereka untuk mendapat perhatian siswa. Salah satunya adalah dengan inovasi dalam mendidik seperti keterampilan komunikasi dengan siswa, keterampilan menangani persoalan, dan keterampilan dalam menyampaikan pelajaran kepada anak sehingga tidak membosankan.

Baca Juga: Harga Spesifikasi Meizu Pro 7 Tawarkan Layar Ganda Tak Mau Pasaran

Selain itu, sekolah juga perlu memasukkan soal pemahaman norma di sekolah. Artinya, sekolah tidak hanya memikirkan soal nilai ujian, absensi kehadiran siswa dan administrasi saja. Saat ini guru tidak bisa mengajar dengan metode yang sama seperti 20 tahun lalu karena sudah berbeda zaman dan perkembangan teknologi begitu cepat. Metode yang sesuai adalah dengan mengikuti perkembangan zaman. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply