Alur Pendaftaran Lowongan CPNS Kemenkumham dan MA Terbaru 2017

0
A CumaBerita.com, Jakarta. Sebelumnya pada pertengahan bulan Juli 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengumumkan pembukaan 19.210 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) untuk mengisi jabatan di Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pembagian tersebut di antaranya MA 1,684 lowongan dan 17.962 Kemenkumham.

Pembukaan lowongan CPNS tersebut akan dimulai pada Selasa, 1 Agustus 2017. Hal ini tentunya menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu bagi para pencari pekerjaan. Untuk memudahkan dalam mendaftar lowongan CPNS, berikut alur pendafatarannya.
1. Pendaftaran online
Hal pertama dan terpenting yang perlu dilakukan ialah registrasi melalui situs online yang telah disediakan yakni pada https://sscn.bkn.go.id.
Pendaftaran online ini ditutup pada 26 Agustus 2017.

2. Username dan Password
Setelah sukses registrasi online, para peserta akan mendapatkan username dan passoword yang harus disimpan baik-baik untuk bisa ikut seleksi CPNS.

3. Kartu pendaftaran registrasi online
Tak hanya username dan password, peserta juga akan mendapatkan kartu registrasi online yang nantinya harus dicetak dan disertakan dengan dokumen lainnya.
4. Dokumen yang perlu disiapkan untuk pelamar Mahkamah Agung

Dokumen-dokumen yang perlu disiapkan saat mengikuti seleksi CPNS Mahakamah Agung ialah:
a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani di materai Rp 6.000 serta ditujukan ke Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia.
b. Fotokopi KTP
c. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisasi

d. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT khusus untuk pelamar umum dan pelamar Papua, Papua Barat, disertakan surat keterangan atau bukti lain yang menunjukkan program studi pelamar terakreditasi minimal B.
e. Untuk pelamar dengan IPK cumlaude, dilampirkan surat keterangan yang menunjukkan perguruan tinggi negeri atau swasta terakreditasi A.

f. Pas foto terbaru ukuran 4 cm x 6 cm sebanyak empat lembar dengan latar belakang merah dan menuliskan nomor registrasi online dan nama pelamar di belakang foto tersebut.
g. Dokumen tersebut dimasukan ke dalam amplop berwarna cokelat dan menempekan nomor pendaftaran registrasi online dibagian sudut kanan atas amplop.

5. Dokumen dikirim
Setelah seluruh berkas terpenuhi, selanjutnya amplop tersebut dikirimkan ke Panitia Seleksi Penerimaan Calon Hakim Mahkamah Agung RI Tahun Anggaran 2017 melalui Pos dengan PO BOX 2700 Jakarta 10027 paling telat 26 Agustus 2017 dan selambatnya diterima 31 Agustus 2017.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS sscn.bkn.go.id Resmi Dibuka

6. Tahapan seleksi
Seleksi administrasi digelar pada tanggal 2-31 Agustus 2017. Pengumuman hasil seleksi administrasi dan jadwal pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) serta seleksi kompetensi bidang (SKB) diberitahukan pada tanggal 5 September 2017.
Untuk info lebih lengkap dan rinci bisa langsung menghubungi Kementerian Hukum dan HAM pada nomor (021) 5253004. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply