Gempa 5,3 SR Guncang Cilacap Warga Yogya Berhamburan Tidak Berpotensi Tsunami

0
G CumaBerita.com, Jakarta. Getaran gempa dirasakan hingga wilayah sekitar Cilacap. Gempa berkekuatan 5,3 skala Richter (SR) mengguncang kawasan Cilacap, Jawa Tengah. Namun gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 23.14 WIB, Kamis 3 Agustus 2017.

Dengan titik episentrum gempa berada di koordinat 8,14 Lintang Selatan dan 108,99 Bujur Barat. Titik gempa berada di jarak 79 kilometer arah barat daya Cilacap. Kedalaman gempa berada pada 22 kilometer di bawah permukaan laut. Meski demikian, belum ada informasi mengenai kerusakan akibat gempa tersebut.

Gempa bumi berkekuatan 5.3 skala richter yang mengguncang barat daya Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis malam, 3 Agustus 2017, ternyata dirasakan warga Yogyakarta. Warga berhamburan ke luar rumah setelah beberapa saat merasakan guncangan. Gempa terasa cukup besar sampai Imogiri Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis 3 Agustus 2017.

Warga mengira, gempa bumi berpusat di Bantul seperti saat kejadian gempa bumi Bantul 2006 silam yang berpusat di darat. Meski getaran gempa cukup namun warga Yogya mengaku tak ada kerusakan pada bangunan rumah. Kepala BPBD Kabupaten Bantul mengakui, gempa hampir dirasakan warga Bantul bahkan hingga Kota Yogyakarta. Sejauh ini, belum ada laporan kerusakan.

Baca Juga: Ini Alasan Seorang Ibu Simpan Jasad Bayinya di Lemari Pendingin Selama 3 Bulan

Gempa berkekuatan 5.3 Skala Richter mengguncang barat daya Cilacap pada pukul 23:14:23 WIB. Letak gempa berada pada 8.42 LS dan 108.99 NT atau sekitar 79 kilometer barat daya Cilacap Jawa Tengah pada kedalaman 22 kilometer. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply