Foto Selfie Monyet Sulawesi Yang Gegerkan Dunia

0
F CumaBerita.com, Jakarta. Berawal saat enam tahun silam David J. Slater datang ke hutan di Pulau Sulawesi untuk mengambil foto monyet jambul hitam. Kini namanya terkenal sebagai fotografer yang berebut hak foto selfie seekor monyet bernama Naruto di pengadilan Amerika Serikat. Cerita Slater bermula pada 2011 ketika dia ke Indonesia untuk berkampanye perlindungan satwa langka, tepatnya monyet jambul hitam.

Tak butuh waktu lama bagi monyet jambul hitam itu untuk mulai tertarik pada kamera Slater. Kaca lensa yang memantulkan cahaya menjadi magnet bagi mereka. Apalagi, monyet jambul hitam tersebut bisa melihat pantulan diri mereka pada lensa.

Sebuah ide kemudian melintas di benak Slater. Ia mengeluarkan tripod penopang kamera dan memasangkan kabel shutter untuk mengambil gambar. Ia lalu berbaring di tanah sembari memegang kaki tripod agar tak jatuh ketika tersenggol. Kisah sederhana Slater itu kini berujung pada kasus yang tak kunjung selesai.

Organisasi perlindungan hak hewan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) menyatakan, Naruto adalah pemilik sah foto yang telah mendunia itu karena foto tercipta berkat genggaman Naruto. PETA juga menyebut Naruto berhak menerima ganti rugi atas pelanggaran hak cipta setelah foto tersebut dipakai dalam sebuah buku satwa liar.

Baca Juga: Maag Akut Mejadi Penyebab dr Ryan Thamrin Meninggal Dunia

Pada September 2015, PETA resmi melayangkan gugatan untuk Slater di Pengadilan Wilayah Amerika Serikat di San Francisco. Mereka menghubungi seorang ahli primata untuk mewakiliki Naruto di pengadilan. Sementara itu, Slater menganggap ada proses kreatif di balik foto tersebut sehingga ia berhak memiliki foto. Kini kasusnya masih bergulir di pengadilan dan menjadi sorotan dunia. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply