Video Bandara Internasional Dubai Panggil Penumpang Pakai Bahasa Jawa Halus

0
V CumaBerita.com, Jakarta. Emirates Airline telah menambah 37 armada baru untuk tahun anggaran dimulai April 2017. Langkah ini untuk memperluas operasi di Asia dengan membuka rute-rute baru. Maskapai berkantor pusat di Kota Dubai, Uni Emirat Arab, ini akan menerima 21 pesawat Airbus Group SE A380 superjumbo dan 16 Boeing 777 di akhir tahun anggaran pada Maret 2017.

Emirates sudah melayani 150 tujuan di 80 negara menggunakan pesawat berbadan lebar. Ada yang menarik perhatian bagi orang yang paham bahasa Jawa, penggalan kutipan tersebut pasti tidak asing dan mudah dipahami. Namun bagaimana jika kalimat bahasa jawa halus (krama inggil) tersebut diterapkan sebagai bahasa pengantar informasi di bandara internasional? pastinya hal itu sangat tidak lazim.

Namun informasi yang diucapkan dengan bahasa jawa halus itu benar-benar ada di Bandara Internasional Dubai. Suara informasi untuk penerbangan EK 358 dengan rute Dubai–Jakarta. Padahal, bandara ini terbilang tersibuk di dunia dengan pengunjung dari berbagai negara.

Menurut Divisional Vice President Emirates, penggunaan bahasa Jawa ini disengaja. Tujuannya agar penumpang yang belum paham dengan bahasa Inggris atau Arab mudah mengerti dan bisa segera masuk ke dalam pesawat. Oleh Emirates, jenis bahasa Jawa yang dipakai harus berjenis jawa halus atau krama inggil.

Baca Juga: Marc Marquez Terdepan Ungguli Valentino Rossi Hasil Kualifikasi MotoGP Ceko 2017

Jawa halus sering digunakan oleh orang Jawa untuk berbicara dengan orang yang lebih tua atau untuk menghormati lawan bicara. Selain di Bandara Internasional Dubai, bandara lain yang telah memasukkan bahasa Jawa ke dalam sistem suara informasi adalah Bandara Adisucipto Yogyakarta mulai 17 Juli 2017. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply