Mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman Meninggal Dunia

0
M CumaBerita.com, Jakarta. Kabar duka mengejutkan datang dengan meninggalnya mantan Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman yang membuat kaget orang-orang dekat almarhum. Mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman dikabarkan telah meninggal dunia di RS Medistra Jakarta, pukul 11.00 WIB. Pelantun lagu Tidak Semua Laki-Laki ini sebelumnya telah lama sakit dan dirawat di Rumah Sakit Adi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.

Basofi Sudirman, pria asal Bojonegoro masuk rumah sakit sejak, Sabtu 6 Mei 2017 lalu. Basofi sakit karena usianya yang sudah tua. Selain itu, tekanan darah tinggi juga mempengaruhi kondisinya. Mayor Jenderal TNI (Purn.) Moch. Basofi Sudirman adalah Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Kasdam I/Bukit Barisan (1986-1987) dan Wakil Gubernur Jakarta tahun (1987-1992).

Basofi Sudirman pernah berkarier sebagai penyanyi, dengan single Tidak Semua Laki-laki. Sebagai prajurit Basofi Sudirman tergolong cepat pensiun. Lulusan Seskoad 1978 dan Seskogab 1979 ini pensiun pada usia 47 tahun, dengan pangkat Mayor Jenderal TNI. Ayahnya, Letjen TNI H. Soedirman sebetulnya tak setuju.

Tapi bagi Basofi Sudirman di Golkar dan di ABRI sama saja. Meskipun karier militernya kalah dibanding ayahnya, ayahnya bisa pensiun dengan pangkat Letnan Jenderal TNI. Ayahnya pernah menjabat Komandan Jenderal Seskoad namun karier sipil Basofi Sudirman tergolong bagus.

Baca Juga: Video Bandara Internasional Dubai Panggil Penumpang Pakai Bahasa Jawa Halus

Sebelum menjadi Gubernur Jawa Timur, jabatannya adalah Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, dan pada tahun 1987 diangkat menjadi wakil gubernur DKI Jakarta Bidang pemerintahan. Itulah jabatan terakhirnya, sampai April 1993, sebelum menjadi Gubernur Jawa Timur. (Fan/Tyd)

Share.

Tentang Penulis

Penulis yang saat ini bekerja paruh waktu sebagai freelance copywriter. Berpengalaman dalam menulis, karena memang sudah hobi. Kelahiran Jakarta, yang memiliki favourite quote "Do what you love and Love what you do." Happy writing!

Leave A Reply